Cari Blog Ini

Kamis, 14 Juli 2011

Content Management System

Sistem Manajemen Konten [Content Management System (CMS)],

adalah perangkat lunak  yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web
Umumnya terdiri dari dua elemen:
1. Aplikasi manajemen isi [Content Management Application (CMA)]
2. dan Aplikasi pengiriman isi [Content Delivery Application (CDA)].

CMA : 
Memperbolehkan si manajer isi yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai [HyperText Markup Language (HTML)], untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. 

CDA :
Menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. 

Dapat dikatakan bahwa CMS adalah suatu alat yang dapat memusatkan kemampuan teknis dan menyebarkan kemampuan nonteknis kepada anggota tim untuk membuat, mengubah, mengelola dan mem-publish sejumlah isi website seperti teks, gambar, animasi, suara dan lain-lain dengan aturan, proses dan alur kerja yang sudah baku sehingga website dapat terlihat sesuai keinginan.
 

  Mengapa butuh CMS ?
        Teknologi dan metode lama untuk membangun halaman web menghabiskan banyak waktu, tidak efisien dan butuh biaya yang besar.
        Proses perubahan pada halaman web bukan hanya menghambat seluruh pembuatan informasi dan isi oleh webmaster tapi juga tidak efektif karena banyak waktu terbuang.
        Keinginan untuk meningkatkan jumlah informasi dalam website dan kebutuhan untuk menggabungkan sistem menjadi lebih besar dan kompleks ke dalam proses web publishing.
 Keuntungan CMS
        Informasi yang ditampilkan secara online tetap up-todate, konsisten dan mempunyai nilai informasi terkini.
        Webmaster dapat lebih konsen pada sisi teknologi nya saja, sedangkan konten atau isi dapat diberikan wewenang nya kepada user tertentu.
        Dengan CMS artikel dan berita dapat diatur berdasarkan criteria tertentu, masing-masing pemilik berita bertanggung jawab dengan informasi yang mereka kirim ke website.
        Pemilik website memegang kendali penuh terhadap isi dan tampilan website.
        CMS didesain untuk pemilik website yang tidak memiliki keahlian teknis pemrograman.
 Yang bisa didapatkan dari CMS
        Efeknya dapat terasa saat meningkatnya kepercayaan dan kepuasan pengunjung dengan memberikan informasi yang konsisten dan benar, juga meningkatnya nilai persepsi positif terhadap informasi yang tersedia.
 Masa Depan CMS
        Konsep Content Management System akan semakin banyak digunakan. Publikasi suatu artikel akan semakin cepat karena sifatnya yang dinamis. Makin banyak CMS yang bersifat Open Source membuatnya semakin popular. Beberapa CMS bahkan mempunyai varian yang semakin lama semakin diffrensiasi, cenderung mengarah ke simplikasi pengelolaan yang semakin membaik.
        Tidak sedikit CMS yang bersifat komersial. Tentunya hal ini akan semakin menguatkan posisi CMS yang juga bermain di sisi enterprise, sebagai engine website-website kelas berat. Di masa depan harga CMS komersial akan semakin murah dan terstandarisasi.
        Semakin lama CMS akan semakin konsisten, professional dan jenisnya akan semakin banyak dan lebih spesifik seperti hypermedia, penanganan dokumen elektronik, software engineering, marketing dan desain bisnis proses.
 Kategori CMS
        CMS dapat dikategorikan menjadi:
CMS Portal
CMS Blogs
CMS e-Commerce
CMS Forums
CMS e-Learning
CMS Image Galleries
CMS Wiki

Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar